Jenis-Jenis Jaringan Dan Dampak Kemajuan Teknologi

Halo teman teman tentunya kalian sudah banyak yang tahu kan tentang berbagai kemajuan teknologi yang ada di dunia ini… Salah satunya ialah jaringan.

Jaringan dalam KBBI mempunyai arti siratan yang saling menghubungkan,kata jaringan masuk kedalam kelas nomina. Dan disini saya menyimpulkan bahwa jaringan merupakan sebuah alat yang saling menghubungkan antara komputer satu dengan komputer lainnya untuk saling bertukar info/data ,tentunya untuk saling berkomunikasi juga.

Disini saya akan Memberikan sedikit informasi tentang jenis-jenis jaringan. Diantaranya ada : 1. WAN(Wide are Network) Jaringan area luas. Maksud nya ialah WAN merupakan jenis jaringan yang memungkinkan penghbungan dengan jarak yang amat jauh,luas,dan tentunya jika dibandingkan dengan jaringan LAN/MAN maka WAN jauh lebih canggih. Misalnya seseorang ingin melakukan penukaran informasi dari negara ke negara lain maka JARINGAN WAN lah yang digunakan karena jaringan ini mencakup area yang sangat luas,dan tentunya pembiayaannya sangat mahal.

2. LAN(Local area network) Jaringan ini hanya mencakup wilayah yang terbatas.Berbeda dengan WAN Jika WAN bisa menjangkau jaringan antara negara ke negara maka dapat di asumsikan bahwa LAN hanya bisa digunakan hanya sebatas wilayah dengan wilayah. Ada banyak keuntungan untuk penggunaan LAN Diantaranya ialah: Biaya yang digunakan lebih terjangkau,dan apabila kita ingin mentransfer data ,maka akan lebih cepat karena jangkuan dari jaringan ini sangat sempit dan terbatas.

3. MAN(Metropolitan Area Network) Jaringan ini bisa dikatakan lebih unggul 1 Tingkat ketimbang LAN,karena jaringan ini sedikit lebih luas jangkauannya ketimbang LAN,seperti misalnya kota dengan kota. Itu lah sedikit penjelasan mengeai jaringan . Sudah bukan rahasia lagi bahwa kita hidup di zaman dimana perkembangan teknologi sangatlah canggih.

Bahkan Ada Yang Sudah Membuat Dan Mencoba Sebuah Jaringan 5G Tepatnya Di DenHaag, Belanda. Akan tetapi kemajuan teknologi juga tidak selalu membawakan pengaruh yang baik bagi kehidupan manusia, Akan ada saja dampak negatif dan positif tentunya dari PERKEMBANGAN TEKNOLOGI . Adapun dampak positif nya Diantaranya adalah :

1.Banyaknya pekerjaan manusia yang sangat berat kini menjadi mudah karena adanya sebuah mesin.

2. Terbuka nya lapangan kerja baru, Karena Zaman Teknologi Semakin Canggih, Jadi sangat banyak Orang memanfaatkannya untuk menciptakan Lapangan kerja baru.

3 informasi lebih mudah didapat, Maksudnya ialah Kita akan sangat mudah mempelajari ilmu-ilmu baru melalui internet. misalnya dengan membuka GOOGLE Yang Mempunyai Segudang informasi dan Masih banyak Manfaat yang lainnya

4.Komunikasi jadi lebih mudah, Tentu Komunikasi akan menjadi Lebih mudah Ya karena ada nya itu Tadi sebuah jaringan yang saling menghubungkan satu sama lain.

Dampak Negatif Dari Perkembangan Teknologi juga ga kalah banyak ya! Diantaranya:

1.Banyak Anak Kecil Yang Kecanduan Main Game, Yang seharusnya Mereka Menghabiskan waktu /masa kecilnya dengan bermain bersama dengan orang tua kini terbuang sia-sia.

2. Banyak Orang Yang enggan Bersosialisasi karena Terlalu sibuk dengan HP nya.

3.Banyaknya Hoax Yang Beredar di Dunia maya, Sehingga menimbulkan perpecahan padahal apa yang di sampaikan melalui media tidak sesuai dengan kejadian yang terjadi sebenarnya.

4.Maraknya Penipuan, Dan Masih Banyak Lagi Yang Lainnya, Intinya Kita Sebagai Manusia pengguna Teknologi Harus Lebih bijak dan berhati-hati dalam menggunakannya. Baiklah itu saja penjelasan materi kali ini ,semoga bermanfaat ASSALAMUALAIKUM

Author: Mr_Shiroo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *