Mengenal pemograman golang

Golang adalah bahasa yang mendukung concurrency secara native dalam bahasanya, dan mempunyai Garbage Collection, sehingga pengguna tidak perlu lagi berusan dengan management memory (who hate pointer here?).

Golang memiliki library bawaan yang lengkap sehingga tanpa third party semua hal bisa dilakukan dan membuat pemrogram tidak pusing, meskipun begitu library bawaannya masih terlalu kaku untuk sebagian orang, namun sudah banyak library yang telah dibuat untuk mempermudah hal hal tersebut bagi yang kesulitan.

Salah satu hal yang membuat bahasa pemrograman ini menjadi sangat popular ialah karena dikembangkan oleh sebuah perusahan yang sangat terkenal yaitu Google.

Salah satu orang dibalik bahasa pemrograman ini ialah Ken_Thompsonyang terkenal akan sistem UNIX, dan juga pengembang bahasa B yang menginspirasi penciptaan bahasa paling terkenal yaitu C.

Golang adalah bahasa yang menghasilkan file executable, sehingga lebih cepat.

Pada Golang, sebuah fungsi dapat memberi nilai balik (return) lebih dari satu tipe data.

Golang sangat ketat sehingga membuat pemrogram menjadi lebih teliti, karena sebuah variable tidak boleh menganggur (tidak terpakai di dalam program) atau compiler akan memberi peringatan keras, namun kamu bisa menyimpan variable sampah itu dengan “_” pada variable yang tidak digunakan.

Golang bebas dari masalah “;”.

package main
import(“fmt”)

func main(){
fmt.Println(“Selamat mempelajari golang”)
}
untuk mempelajarinya silahkan kunjungi website https://golang.org/ asalnya untuk lebih banyak mengetahui kehebatan dari bahasa pemrograman ini.

Bahasa ini mungkin terkenal di kalangan wibu karena pada tutorialnya mereka memakai huruf kanji untuk menjelaskan bahwa bahasa ini mendukung UTF-8 sehingga bisa memakai karakter apa saja didalam penulisan menggunakan bahasa ini.

Author: A-Whisper

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *