Inilah perbedaan web Designer dan Front End Developer

hallo sobat. gimana kabarnya nih? pastinya baik kan..
oke deh, kali ini mimin mau bahas tentang perbedaan antara Web Designer dan Front End Developer.
udah tau belum apa perbedaanya?
ya udah yuk yang belum tau simak artikel di bawah ini..

Apa perbedaan Web Designer dan Front End Developer?

Web Designer sesuai namanya berarti orang yang melakukan desain sebuah situs web. Pekerjaannya kurang lebih menggambar sketsa, menggambar mockup atau membuat mockup menggunakan Adobe XD atau pakai Figma.

Web designer sebenarnya tidak wajib ngoding, tugas mereka hanya menggambar dan membuat mockup saja untuk dioper ke programmer. Tapi rata-rata web designer sekarang hampir pasti bisa ngoding front-end karena kebutuhan industri.

Front-end Developer adalah nama orang yang tugasnya membuat tampilan sebuah aplikasi. Pekerjaannya kurang lebih sama seperti web designer, tapi ruang lingkupnya lebih luas lagi tidak hanya website saja melainkan aplikasi mobile dan desktop juga.

Front-end Developer wajib bisa ngoding, minimal menguasai satu framework JS seperti Vue atau Angular (atau apapun yang menjadi favorit Anda). Mereka nggak wajib bisa menggambar karena seharusnya sudah ada graphic designer yang membuat contoh gambarnya. Tapi rata-rata front-end developer zaman sekarang pasti bisa menggambar, minimal untuk mockup atau Photoshop, karena kebutuhan industri yang mengharuskannya.

Baik web designer maupun front-end developer wajib memiliki ilmu UX (User Experience), karena apalah gunanya UI atau tampilan yang indah namun pengguna tidak nyaman dan kesulitan dalam navigasi aplikasi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *