Apakah Bisa Budidaya Lobster Air Tawar Di Aquarium?

Assalamualaikum Semuanya,Bagaimana Kabarnya Semoga Dalam keadaan sehat ya.

Langsung saja tanpa basa-basi dalam pembahsan kali ini saya akan membahasa sebuah topik mengenai “Apakah bisa budidaya LAT (Lobster Air Tawar) di aquarium? ”

Oke Dalam menjawab pertanyaan di atas Saya akan memberikan sebuah asumsi atau pendapat mengenai topik ini.Beberapa waktu lalu saya sempat terfikir untuk memelihara lobster / LAT ,akhirnya saya pun mencari dimana tempat untuk saya membeli bibit bibit lobster tersebut ,setelah serching di berbagai forum mencari akhirnya saya menemukan penjual bibit tersebut. Dan akhirnya saya pun membelinya , berapa bibit tanpa pikir panjang . Saya berencana untuk memelihara lobster tersebut didalam aquarium.

Sebelumnya saya  memang sudah mempelajari sedikit tentang LAT Sebelum saya membelinya dan bertanya pada si penjual bagaimana cara yang baik dan benar dalam budidaya lobster tersebut.Dan setelah saya membelinya saya pun akhirnya menaruh LAT tersebut didalam aquarium yang sudah saya persiapkan. Lengkap seperti Filter,batu,ventilasi,paralon dan yang lain lainnya.Saya membeli 20 ekor LAT, Dan Saya Taruh di aquarium saya yang berukuran 60x30x30 awalnya memang terlihat baik baik saja.namun setelah beberapa hari saya berniat mengganti air (waterchange ) karena air sudah lumayan kotor ,akan tetapi setelah saya menguras air di aquarium tersebut ternyata Terdapat LAT Yang terluka ,seperti kakinya copot/putus begitu juga dengan capitnya. Maka dari itu saya terheran heran apa yang menyebabkan lobster saya seperti itu ,setelah saya amati ternyata Masalahnya adalah LAT Saya saling bertengkar dan memakan satu sama lain, padahal tempat persembunyian nya sangat banyak ,ada sekitar 4 batu ventilasi dan masing masing  mempunyai 10 lubang tapi mengapa kok lobster saya masih memakan satu sama lain, saya pun berfikir kenapa bisa terjadi demikian ?”.

Dan ternyata ukuran aquarium lah penyebabnya ,walaupun banyak sekali tempat persembunyian yang saya letakan  diadalam aquarium tersebut ternyata lobster masih saling serang ,apalagi yang sedang molting pasti langsung menjadi target kanibalisme lobster lain.

Jadi kesimpulannya pemakaian aquarium kurang efisiem dalam pembudidayaan LAT ,Namun apabila jumlah LAT NYA tidak terlalu banyak ,dan aquarium nya besar  misal (100x40x40) maka hal tu bisa dipertimbangkan kembali.

saya sarankan untuk menggunakan kolam apabila untuk media pembesaran,bisa kolam terpal / semen dan tentu saja persediaan persembunyian harus disiapkan dan sirkulasi air berjalan .

oke baiklah itu saja yang bisa saya sampaikan  dalam materi kali ini, oh iya apa yang saya sampaikan merupakan pengalaman pribadi saya ya, hehehehe jika pembahasan saya masih kurang lengkap saya mohon maaf ya teman teman ,kalian bisa mencari  cari referensi di tempat lain yang lebih jelas dan lengkap, semoga bermanfat.sekian dari saya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakathuh

Author: kucing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *