Mengenal Penyakit Aratan Pada Ayam

Assalamualikum Teman Teman ,ada yang baru nih pada materi kali ini .pada materi sebelum sebelumnya kan kita hanya membahas sebuah materi yang berkaitan dengan internet,nah sekarang ada hal baru dan menarik yang akan saya bahas ,pembahasan apa kah itu??

Saya akan membahas seputar peternakan dan budidaya ,yakni tentang  bagaimana cara penanganan masalah pada hewan , seperti penyakit  ,cara penanganan /solusi solusi nya.

Owh iya apa yang saya tulis seputar materi ini merupakan pengalaman saya pribadi yah.Jadi kalo saya engga mengalami hal tersebut  saya enggak akan tulis hehehe.

Pembahasan ini saya akan buat di dalam kategori baru yakni  “Seputar Ternak Dan Budidaya”.

Itu Hanya sekedar kata pembuka dari saya semoga nanti apa yang saya tulis bisa membantu dan dapat memberikan referensi  pada pembaca nya hehehe.

Oke dalam pembahasan kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi penyakit aratan pada ayam ?

Apa itu penyakit  Aratan? Kenapa bisa ayam terkena penyakit aratan ? bagaimana cara penanganannya?

Pernahkan kalian mempunyai ayam dan ayam itu mati secara mendadak atau tiba tiba entah itu ayam bangkok ataupun kampung ? Lalu sekujur tubuhnya kaku dan membiru ? padahal kemarin kemari masih sehat saja dan tampak tidak terjadi apa apa?

Jika iya maka mungkin saja ayam kalian terkena aratan  ,hal itu disebabkan oleh bakteri ???….

Dan bisa terjadi karena banyak faktor, diantaranya adalah :

  1. Kurang  terjaganya kebersihan kandang
  2.  Faktor pergantian musim

Kotornya kandang dapat memicu terjadinya penyakit aratan kotoran yang  jarang dibersihkan dapat mendatangkan bakteri jahat yang dapat menyeabkan ayam menjadi tidak nyaman dan pastinya akan tersearang penyakit.

Lalu faktor kedua adalah pergantian musim ,saya sering mengalami ayam saya mati mendadak dan tiba tiba ,dikarenakan pergantian musim ,suhu yang yang tiba tiba berubah drastis mengakibatkan  imun ayam lemah dan mudah terserang penyakit .

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Dalam mengatasi masalah ini saya biasanya memberikan beberapa penanganan penanganan yang biasa saya lakukan diantaranya ialah :

Melakukan pencegahan sebelum terjadinya pergantian Musim ,tentu saja kita tidak akan bisa selalu dengan tepat memprediksi kapan kah musim panas tiba dan kapankah musih hujan akan tiba akan tetapi saya mempunyai cara dalam hal ini.

Apabila musim tidak bisa di prediksi ,misalnya hari ini hujan lalu besoknya cerah ,kemudian lusa akan hujan kembali, maka apabila saya mendapati   saat situasi ini. Saya  sudah bersiap siap untuk melakukan pencegahan .Karena Bisa saja penyakit Penyakit akan datang .

Imunitas ayam yang kurang baik akan rentan terkena penyakit karena perubahasn suhu yang tiba tiba ,maka untuk upaya pencegahan  itu saya memberikan lolohan jahe+kunyit dan air sereh pada ayam 2 x sehari yakni (pagi dan sore) karena kita semua tahu kasiat jahe dan kunyit sangat bermanfaat tidak hanya untuk manusia tetapi juga untuk ayam.

 Lalu cara selanjutnya ialah menjaga kebersihan kandang  ,mengapa demikian? Karena kita tahu jika musim hujan tiba maka kita yang memelihara di outdoor atau luar ruangan akan sulit membersihkan kandang sehingga kotoran ayam menumpuk dan kandang menjadi lembab ,nah hal tersebut sangat berbahaya karena penyakit akan berdatangan  dan ayam bisa rentan tersserang penyakit dan mati

Owh Iya Jika Kalian sudah terlanjur  mengalami nya, maksud saya ayam mati secara tiba tiba maka hal yang harus kalian lakukan adalah segera memisahkan ayam tersebut dan jauhkan dari ayam lainnya ,alangkah lebih baiknya dikubur secepatnya , guna menghindari penularan pada ayam lain.

Owh iya ada juga beberapa orang yang bilang kesaya bahwa penyiraman sedikit cuka dalam hal pencegahan (sebelum terjadinya / terserangnya ayam oleh penyakit ) dapat manambah rasio terhindarnya ayam dari penyakit yang menyebabkan kematian pada ayam….

Tentu cara ini bisa kalian coba sebagai referensi dan perlu dicatat apa yang saya tulis adalah berdasarkan  pengalaman saya dalam memelihara ayam ,entah itu ayam kampung ,bangkok,dsb

Dan diskusi saya dengan para peternak ayam lainnya ,jika terdapat kesalahan dalam penulisannya saya mohon maaf   semoga bermanfaat Assalamualaikum warahmatullahi wabarakathuh.

Author: kucing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *