Penting! Inilah Penyebab,Mengapa DOC Broiler Cepet Mati!

Assalamuaiakum warahmatullihi wabarakathu teman teman semua,saya hadir kembali untuk memberikan sebuah materi  atau postingan baru pada hari ini,dalam topik kali ini saya tidak akan membahas seputar coding melainkan mengenai topik seputar ternak dan budidaya.

Dalam materi kali ini kita akan membahas sebuah topik tentang  “Mengapa DOC ayam broiler saya cepat mati padahal saya baru membelinya beberapa hari? “

Tidaklah aneh terjadi hal demikian  ,pada awal memelihara pun saya mengalami hal yang sama,saya pernah membeli beberapa DOC di Sebuah Toko toko unggas beberapa ekor niatnya saya ingin mencoba berternak dan mambesarkan Doc tersebut tanpa pengetahuan dan pengalaman yang cukup saya akhirnya pun membelinya tanpa pikir panjang.

Baru saja selang satu hari pembelian/perawatan tiba tiba besoknya sudah ada yang mati bahkan ada yang terlihat sakit dan ujung ujungnya mati juga ,akhirnya dari situ saja belajar bahwa ada hal yang harus saya pelajari sebelum memelihara hewan .

Dan ternyata setelah saya telusuri terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan doc tersebut langsung mati diantaranya ialah:

1.Tidak adanya penghangat atau lampu,kok bisa? Iya tentu saja bisa tanpa adanya penghangat atau lampu Doc Broiler Tidak akan kuat ketika malam hari karena perubahan suhu yang dingin dan tidak adanya penghangat menyebabkan faktor kematian pada DOC Broiler yang kita punya.

“Oh iya min Berapa watt sih yang dibutuhkan untuk menghangatkan Doc tersebut pada malam hari? “

Biasanya saya menggunakan lampu yang 40-60 watt karena suhu di malam hari di daerah saya bisa dikatakan lumayan dingin maka saya menggunakan lampu dengan watt yang lumayan besar ,namun apabila di tempat teman teman lumayan hangat maka teman teman bisa membeli lampu dengan besar watt di bawahnya.

2. Tidak Adanya Air  Minum ,tidak tersedianya air minum untuk Doc broiler juga menjadi faktor penyebab kematian ,dikarenakan ayam broiler merupakan ayam yang sangat rakus ,maka sediakan lah minum agar pencernaan si doc lancar dan tidak keras saat Igin membuang kotorannya.

3.Pembersihan Kandang ,mengapa demikian? Karena pembersihan kandang sangat berguna untuk menghindari virus atau penyakit yang bisa menyebabkan ayam broiler mati tiba tiba.buanglah kotorannya dalam beberapa minggu sekali, kalau bisa gunakan alas ,agar dalam pembersihan kotoran nya lebih gampang dan tidak merepotkan.

4. Vaksinasi Juga Sangan penting  untuk menjaga imun atau daya tahan tubuh ayam ,agar ayam tidak rentan terkena penyakit ,oh iya disini saya hanya peternak rumahan ya ,saya hanya biasa memelihara paling banyak 5-10 ekor saja. Namun Apabila teman teman mempunyai peternakan dengan skala yang besar Maka perawatan sederhana seperti ini tidaklah cukup ,pasti ada penanganan lainnya selain ke 4 hal diatas.

Saya Disini hanya membagikan sedikit pengalaman saya apabila ada kesalahan dalam penulisan katanya,maya mohon maaf semoga apa yang saya sampaikan pada materi kali ini bisa bermanfaat.sekian terimakasih. wassalamuaaikum warahmatullahi wabarakathuh

Author: kucing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *