Gawat!! Ternyata Ini Yang Bikin Ikan Koi Cepat Mati

Assalamualaikum teman-teman gimana nih kabarnya,udah lama banget nih admin ga update materi hehehe,kali ini admin akan mulai post lagi nih setelah sekian lama ya kan hehehe….

Materi yang akan admin share kali ini adalah sebuah materi mengenai topik yangberkaitan tentang peternakan /budidaya,yakni

Mengapa Ikan Koi saya selalu tiba tiba mati ,apa penyebabnya dan bagaimana solusinya?

Perlu kalian ketahui teman teman penyebab ikan koi mati ada banyak sekali faktor diantaranya adalah:

  1. Faktor kolam baru

Mengapa demikian, bagaimana bisa kolam baru memengaruhi kondisi/ keadaan ikan koi yang kita miliki?

Jadi begini ,jika kalian mempunyai kolam baru jadi ,jangan sampai kalian memasukan ikan langsung kedalamnya karena kolam baru tersebut mengandung zat-zat yang berbahaya bagi si ikan koi tersebut,kolam tersebut harus terlebih dahulu di sterilkan sebelum sepenuhnya bisa dipakai.

Apalagi kolam tersebut terbuat dari semen (kolam semen)

Maka kita wajib sterilkan terlebih dahulu sebelum menggunakannya / tebar ikan

Ada berbagai macam cara untuk men sterilkan / menetralkan zat zat tersebut diantaranya adalah

Kalian gunakan gedebong pisang / pelepah pisang

Caranya ialah:

1.cari pelepah /gedebong pisang

2.isi kolam dengan air hingga penuh

3.potong pelepah /gedebong pisang tersebut hingga memenuhi kolam

4.Kemudian biarkan / endapkan gedebong pisang di kolam tersebut selama 1 minggu atau lebih lama lebih bagus sampai bau semen nya hilang

5.kemudian kuras kolam tersebut dan bersihkan hingga benar benar bersih

6.jika kolam sudah melewati proses diatas maka sudah  bisa kalian isi kolam tersebut dengan ikan ikan kecil ,tujuannya ialah mengetes apakah air kolam sudah aman dari zat zat yang berbahaya / belum.

jika dalam beberapa hari ikan ikan kecil tersebut masih hidup maka kolam akan aman digunakan .

  • media Filtrasi dan pompa pada kolam kurang memadai

dalam hal ini media filtrasi sangat penting sekali dikarenakan dalam pemeliharaan koi membutuhkan adanya sirkulasi air ,sediakan pompa yang daya sedot airnya kuat -+ 3000 L/J dan biasanya saya juga menyediakan aerator sebagai tambahan.

Dan jangan lupa untuk memberikan media filtrasi yang baik agar penyaringan kotoran kotoran nya maksimal dan kolam pun menjadi bersih dan jernih.

  • Ikan Terkena parasit /terserang penyakit

Salah satu faktor kematian yang paling sering saya temui ialah ikan mati terkena parasit atau bakteri karena kurangnya kebersihan pada kolam,maka dari itu

Jangan Lupa juga untuk memberikan obat untuk mencegah ikan koi terkena jamur  ,biasanya dalam hal ini saya menggunakan PK dalam upaya pencegahan/pengobatan.

  • Salah dalam membeli ikan

Mengapa demikian ? perlu diketahui dalam pemilihan ikan kita juga harus memilih dengan teliti ,megapa demikian ?karena jika tidak maka kita bisa saja mendapatkan ikan dalam kondisi sakit /terserang jamur sehingga menambah resiko kematian,dalam hal ini belilah ikan di seller ikan yang terpercaya dan mempunyai reputasi yang baik .

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan ikan koi kita mati mendadak,mungkin itu saja dalam materi kali ini yang bisa saya bagikan kepada teman-teman semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat bagi teman-teman ,apabila ada kesalahan penulisan atau hal lainnya ,maka saya meminta maaf ,disini saya hanya membagikan sedikit pengalaman saya terkait materi ini,

Terimakasih.

Author: kucing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *